Kepuasan pelanggan dapat diidentifikasikan dengan terpenuhinya beberapa persyaratan, antara lain:
- Mutu produk ; Produk yang memenuhi spesifikasi/standar/persyaratan pelanggan.
- Harga yang bersaing ; Dengan efisiensi (baik di produksi maupun di manajemen) dapat menetapkan harga yang wajar dan kompetitif.
- Pengiriman tepat waktu ; Memberikan pelayanan pengiriman produk yang tepat waktu.
- Citra perusahaan ; Gambaran informasi tentang citra perusahaan dijaga dengan baik.
- Produk baru dan semakin baru (research & development R&D) ; Penyajian produk yang mengikuti perkembangan dengan didukung oleh personal yang handal dan sarana R&D yang memadai.
- Kebutuhan mendadak bisa dipenuhi perusahaan ; Persiapan persediaan yang cukup dengan didukung oleh sarana dan personal yang selalu siap untuk mengantisipasi permintaan mendadak dari pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar