Kamis, 09 Februari 2012

Dasar-Dasar Kekuasaan Sosial

Erat hubungannya dengan ide-ide ini adalah pernyataan yang baik sekali dari John R.P. French dan Betram Raven mengenai dasar-dasar kekuasaan sosial. Penulis-penulis ini menyarankan lima sumber atau dasar kekuasaan sosial sebagai berikut:
  1. Kekuasaan penghargaan ; Kekuasaan berdasarkan kemampuan pemegang kekuasaan untuk menghargai orang lain, artinya, memberikan sesuatu yang dihargai oleh orang lain.
  2. Kekuasaan paksaan ; Kekuasaan berdasarkan kemampuan pemegang jabatan untuk menghukum orang lain, artinya, memberikan sesuatu yang dinilai negatif oleh orang lain.
  3. Kekuasaan yang sah ; Kekuasaan berdasarkan fakta bahwa tiap orang percaya bahwa pemegang kekuasaan mempunyai hak yang sah untuk menggunakan pengaruh dan bahwa penerima kekuasaan mempunyai kewajiban yang sah untuk menerima pengaruh.
  4. Kekuasaan pengenalan ; Kekuasaan berdasarkan penerima-kekuasaan mengenal pemegang kekuasaan.
  5. Kekuasaan keahlian ; Kekuasaan berdasarkan pemegang kekuasaan mempunyai pengetahuan keahlian atau keahlian yang diperlukan oleh orang lain. Kekuasaan informasi adalah suatu bentuk kekuasaan keahlian karena pemegang kekuasaan mempunyai fakta-fakta yang penting atau informasi yang diperlukan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar