Selasa, 28 Februari 2012

Empat Tipe Anggaran Dalam Logistik

Anggaran adalah kunci untuk merumuskan suatu program pengawasan biaya logistik. Ada 4 (empat) tipe pokok dari anggaran yang dipakai dalam pengawasan logistik, yaitu:
  1. Anggaran tetap. Anggaran tetap merupakan taksiran biaya fungsional menurut akun (account = rekening) yang berkaitan dengan volume aktivitas logistik yang diantisipasi. Berdasarkan suatu proyeksi volume, proses anggaran ini berusaha untuk memperoleh taksiran biaya yang paling realistis untuk penyelesaian prosesing logistik. Top manajemen tentu saja menginginkan anggaran yang rendah, sedangkan operating executives sebaliknya menghendaki anggaran yang sebanyak mungkin kelonggarannya. Untuk mengatasi perbedaan (bias) yang demikian dalam pembuatan anggaran, banyak kelompok manajemen yang menyusun anggaran berdasarkan suatu item-garis (line-item). Berdasarkan line-item ini, hanya transfer pengeluaran yang minimum yang dibolehkan diantara akun-akun (accounts) fungsional dengan syarat modifikasi rencana sudah disetujui.
  2. Anggaran luwes. Anggaran luwes ini dimaksudkan untuk menampung fluktuasi volume selama periode operating. Biasanya, anggaran luwes ini didasarkan atas biaya standar untuk pelaksanaan fungsi-fungsi logistik tertentu. Pengeluaran-pengeluaran dibiarkan mengambang secara otomatis sampai pada level operasi yang sesungguhnya.
  3. Anggaran level nol. Anggaran level nol ini dipakai dengan 2 (dua) cara dalam perencanaan operasional. Pada level manajemen operasional, prosedur anggaran yang lazim adalah dimulai dari nol dana-sah pada awal rencana operasional itu. Kemudian dana disetujui dari nol ke atas, bergantung pada pengesahan dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  4. Anggaran modal. Anggaran modal ini mengontrol luasnya dan waktu (timing) dari investasi logistik. Anggaran modal ini misalnya, mungkin menyediakan uang-tunai atau kredit untuk membangun sebuah gudang baru, memasang sebuah sistem pengolahan pesanan baru, membeli atau mengontrak-sewa peralatan transportasi, atau mengadakan suatu pengeluaran lain yang telah direncanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar