Minggu, 22 Januari 2012

Metode Penyelesaian Konflik

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik, yaitu:
  1. Competition ; Apabila terdapat indikasi salah satu pihak berusaha mencapai tujuan tanpa menghiraukan pihak lain, maka metode kompetisi dapat diterapkan. Aturan main ditentukan secara transparan dan proposional. Semua pihak dipersilahkan berlomba mencapai tujuan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Apabila konflik terjadi dalam organisasi formal, pihak yang berkuasa cenderung memanfaatkan kekuasaannya untuk merekayasa kriteria dalam aturan main yang menguntungkan penguasa.
  2. Avoidance ; Salah satu pihak yang berselisih menarik/memisahkan diri atau berusaha menekan konflik yang terjadi. Hal itu dapat terjadi bila dilakukan oleh pihak yang mempunyai kepribadian dan jiwa besar.
  3. Accomodation ; Salah satu pihak yang berselisih berusaha mengalah. Dengan kata lain, memenuhi tuntutan pihak yang bertentangan. Biasanya tindakan itu dilakukan demi terpeliharanya hubungan baik.
  4. Compromise ; Kedua belah pihak yang berselisih sama-sama bersedia untuk berkorban melalui kompromi. Jadi, lebih mengedepankan kepentingan bersama/umum. Metode ini berusaha untuk mengatasi konflik dengan mencari format baru tanpa memenangkan atau mengalahkan pihak manapun.
  5. Collaboration ; Pendekatan metode ini berupaya memberikan keuntungan bagi semua pihak dengan jalan mengatasi masalah melalui pemecahan masalah bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar