Sabtu, 21 Januari 2012

Alat Pengendalian Mutu

Alat yang digunakan untuk melakukan pengendalian mutu adalah sebagai berikut:
  1. Formulir pengumpulan data ; berguna untuk mengumpulkan data secara sistematik dan memperoleh gambaran fakta yang jelas.
  2. Affinity diagram (diagram hubungan) ; berguna untuk mengatur kedalam kelompok sejumlah besar pemikiran, pendapat atau kekuatiran tentang sebuah topik tertentu.
  3. Benchmarking ;  berguna untuk membandingkan suatu proses terhadap yang telah diakui sebagai penunjang untuk menentukan kesempatan peningkatan mutu.
  4. Brainstorming (pengumpulan pendapat) ; berguna untuk mempertimbangkan pemecahan yang mungkin terhadap masalah dan kesempatan potensial peningkatan mutu.
  5. Diagram sebab akibat ; berguna untuk menganalisis dan mengkomunikasikan hubungan diagram sebab akibat serta memudahkan pemecahan masalah sejak gejala sampai penyebab dan pemecahannya.
  6. Bagan alir ; berguna untuk menyatakan proses yang ada serta mendesain proses baru.
  7. Diagram pohon (tree diagram) ; berguna untuk menunjukkan hubungan antartopik dan komponen.
  8. Peta kendali (control chart) ; berguna untuk mengevaluasi stabilitas proses, dan menentukan kapan proses perlu disesuaikan serta mengkonfirmasikan suatu proses perbaikan.
  9. Histogram ; berguna untuk menunjukkan pola variasi dari data dan menyampaikan informasi secara visual tentang kejadian proses serta membuat keputusan usaha perbaikan.
  10. Diagram pareto ; berguna untuk menunjukkan dalam urutan kepentingan, kontribusi serta menata urutan kesempatan melakukan peningkatan.
  11. Diagram sebar (scatter diagram) ; berguna untuk menemukan dan mengkonfirmasi hubungan antara dua kumpulan data yang berhubungan dan mengkonfirmasikan hubungan yang diduga antara dua kumpulan data yang berhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar