Jumat, 06 Januari 2012

Resolusi & Tipe Data Citra Digital

Resolusi merujuk pada masalah seberapa besar akurasi yang dapat dijangkau oleh data yang bersangkutan, yaitu:
  1. Resolusi spasial ; Resolusi ini merujuk pada ukuran objek terkecil (yang terdapat di permukaan bumi) yang dapat dikenali (dibedakan).
  2. Resolusi radiometrik ; Resolusi ini merujuk pada perubahan (tingkat) intensitas terkecil yang bisa dideteksi oleh sistem sensor satelit yang bersangkutan.
  3. Resolusi temporal ; Resolusi ini merujuk pada sistem satelit remote sensing saat melakukan pengambilan gambar bagian permukaan bumi yang sama secara berurutan (periode waktu pengambilan gambar).
  4. Resolusi spektral ; Resolusi ini merujuk pada batas-batas spektral, domain, atau lebar band (radiasi elektromagnetik) yang direkam oleh sistem sensor satelit yang bersangkutan.
Berdasarkan terminologi-terminologi resolusi diatas tipe data (citra digital) dapat dibedakan menjadi:
  1. Multispectral ; Adalah citra-citra digital hasil rekaman sensor pada spektrum yang relatif lebar.
  2. Panchromatic ; Adalah citra digital hasil rekaman sensor (mode pankromatik) terhadap spekrum visible dan hasilnya disimpan di dalam sebuah band tunggal (relatif lebar) sebagaimana foto hitam putih.
  3. Hiperspectral ; Adalah citra-citra digital yang tidak jauh berbeda dengan citra digital multispektral, hanya saja pada hyperspectral, citra-citra ini merupakan hasil rekaman pada domain-domain yang relatif sempit (resolusi spektral yang tinggi) hingga sensor yang bersangkutan menghasilkan banyak band citra.
  4. Radar ; Adalah citra-citra digital hasil rekaman sensor pada domain (band) spektrum gelombang elektromagnetik microwave.
  5. High spatial resolution ; Adalah citra-citra digital yang memiliki resolusi spasial tinggi atau bahkan sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar