Sabtu, 18 Februari 2012

Strategi Memenangkan Persaingan

Dalam dunia bisnis istilah strategi bisnis terkadang diistilahkan dengan strategi marketing. Karena sesungguhnya marketing berdasarkan pendapat Warren Keegen adalah suatu konsep bagaimana berbisnis (how to do business).

Selanjutnya, strategi marketing yang dipilih harus berdasarkan berbagai pertimbangan, seperti: sejauh mana kekuatan dan keunggulan produk yang dimiliki, bagaimana dengan kelemahan dan tantangan yang ada, serta mencoba memandang keluar untuk melihat seberapa besar peluang pasar yang ada, serta bagaimana dengan kemampuan dan kekuatan pesaing yang ada di pasar.


Pada umumnya, strategi yang dikembangkan oleh pakar pemasaran untuk memenangkan persaingan dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu:

  1. Kategori pertama adalah perusahaan yang menerapkan strategi meluncurkan produk terbaik. Produk terbaik yang dimaksudkan adalah bagaimana menciptakan produk-produk unggulan yang berkualitas dan memiliki perbedaan atau keunikan dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Jika Anda memperhatikan iklan-iklan produk TV, ada TV yang multi sistem, TV dengan dobly stereo plus surround, hingga TV layar datar. Kesemua produk TV tersebut mencoba menciptakan image sebagai produk TV terbaik dengan berbagai kelebihan.
  2. Kategori kedua adalah perusahaan yang fokus kepada harga. Harga menjadi salah satu komponen penting untuk merebut pasar. Ada produk yang senantiasa berlabel harga tinggi untuk menjaga image sebagai produk berkualitas atau yang dikenal sebagai barang-barang bermerk. Ada juga produk yang menonjolkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk lain sejenis.
  3. Kategori ketiga adalah perusahaan yang fokus kepada pelayanan terbaik. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa tentunya pelayanan menjadi kunci utama, meskipun bukan berarti perusahaan yang berorientasi produk tidak boleh mengutamakan pelayanan. Dengan memberikan pelayanan yang prima disertai berbagai kreatifitas pelayanan akan mudah memberikan brand image yang baik. Jenis-jenis layanan ini seperti kemudahan pembayaran di Bank dengan menggunakan mesin ATM ataupun SMS Banking sehingga pelanggan/nasabah tidak perlu lagi antri berjam-jam untuk menunggu transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar