Kamis, 16 Februari 2012

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang dimaksudkan disini adalah bagaimana sikap penerimaan awal atau sambutan, lalu bagaimana Anda membimbing pembeli dengan menyediakan atau menunjukkan posisi kursi yang tersedia. Selanjutnya tawarkan dan jelaskan keunikan rasa dari menu-menu yang ada termasuk menu spesial hari ini.

Menurut beberapa pakar pemasaran bahwa secara sederhana untuk memberikan pelayanan terbaik, maka usahakan untuk memenuhi konsep sebagai berikut:
  • Tangible ; Tangible adalah apa yang nampak langsung dilihat oleh pembeli  yang berfungsi sebagai sarana pendukung, contohnya bagaimana dengan tata ruang restoran, bagaimana dengan kebersihan ruangan, tempat parkir, pakaian pelayan, kondisi toilet, kebersihan piring dan alat makan lainnya.
  • Emphaty ; Emphaty adalah bagaimana dengan sikap Anda dalam menyambut serta melayani pembeli, contohnya bagaimana pelayan pintu restoran membukakan pintu masuk, memilih dan mempersilahkan duduk, menawarkan daftar menu, mengajak bicara atau melakukan komunikasi.
  • Reability ; Reability adalah apa yang dapat Anda berikan atau bagaimana pemenuhan terhadap permintaan pembeli. Kalau pembeli memesan ayam goreng bumbu pedas maka berikan sesuai dengan permintaannya. Jikalau ada pesanan yang belum dapat Anda berikan, segera meminta maaf seraya menawarkan menu menarik lainnya.
  • Accurate ; Accurate adalah bagaimana Anda dapat melayani pembeli dengan tepat. Jangan sampai ada pesanan, lain yang dipesan lain juga yang disajikan. Pada tahap ini memang sebaiknya pelayan restoran juga mengetahui menu apa saja yang tersedia, sehingga memudahkan penawaran menu kepada pembeli.
  • Responsiveness ; Responsiveness adalah bagaimana Anda cepat merespon setiap permintaan ataupun keluhan pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar