Kamis, 15 Maret 2012

Tipe Pelayanan Kepada Pelanggan

Sikap pelanggan sudah lazim menanyakan tentang adanya pelayanan yang baik yang diberikan oleh perusahaan. Sikap pelanggan itu sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Untuk itu, perusahaan harus memberikan komitmen tentang jaminan mutu pelayanan kepada pelanggan. Tipe pelayanan yang diberikan sangat dipengaruhi oleh jenis produk. Ada jenis produk yang hanya membutuhkan jaminan pelayanan dari sebelum dan saat pembelian, seperti pakaian. Ada juga jenis produk yang membutuhkan pelayanan dari sebelum, saat proses pembelian sampai dengan purnajual, seperti kendaraan bermotor, komputer, dan produk-produk alat elektronik.

Tipe pelayanan dapat dibedakan sesuai dengan jenis produk-produk yang dihasilkan sebagai berikut:
  1. Pelayanan sebelum pembelian ; Tipe pelayanan ini diberikan sebelum transaksi pembelian dilakukan oleh pelanggan, seperti kesan yang positif tentang produk/perusahaan, kemudahan mendapatkan informasi tentang produk, dan pelayanan yang baik dari personel perusahaan.
  2. Pelayanan pada saat proses pembelian ; Tipe pelayanan ini diberikan pada saat proses/transaksi pembelian dilakukan, seperti prosedur pembelian yang memudahkan pihak pelanggan, pelayanan yang baik dari personel perusahaan, dan kemampuan personel pemasok untuk menjelaskan karakteristik dan spesifikasi produk.
  3. Pelayanan purnajual ; Tipe pelayanan purnajual diberikan setelah transaksi penjualan dilakukan, seperti menjamin seluruh suku cadang selama periode waktu tertentu, menindaklanjuti setiap keluhan pelanggan yang diterima, dapat menukarkan dengan produk terbaru, dan perusahaan bersedia membeli produk yang dibeli oleh pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar