Rabu, 14 Maret 2012

Pemetaan Kardinalitas Dalam Merancang Basisdata

Pemetaan kardinalitas menyatakan jumlah entitas dimana entitas lain dapat dihubungkan ke entitas tersebut melalui sebuah himpunan relasi.

Pemetaan kardinalitas sangat berguna dalam menentukan himpunan relasi biner meskipun pemetaan dapat berperan dalam deskripsi himpunan relasi yang melibatkan lebih dari dua himpunan entitas.

Untuk suatu himpunan relasi biner R antara himpunan entitas A dan B, pemetaan kardinalitas harus salah satu dari berikut ini:
  • One-to-One ; Sebuah entitas pada A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada A. Contoh: Aturan bisnis : Pada pengajaran pribadi, satu guru satu siswa ; Seorang guru mengajar seorang siswa, seorang siswa diajar oleh seorang guru.
  • One-to-Many ; Sebuah entitas pada A berhubungan dengan nol atau lebih entitas pada B. Sebuah entitas pada B dapat dihubungkan dengan paling banyak satu entitas pada A. Contoh: Aturan bisnis: Dalam suatu perusahaan, satu bagian mempekerjakan banyak pegawai ; Satu bagian mempekerjakan banyak pegawai, satu pegawai kerja dalam satu bagian.
  • Many-to-One ; Sebuah entitas pada A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada B. Sebuah entitas pada B dapat dihubungkan dengan nol atau lebih entitas pada A. Contoh: Aturan bisnis: Dalam suatu perusahaan, banyak pegawai dipekerjakan pada satu bagian ; Banyak pegawai dipekerjakan pada satu bagian, satu pegawai bekerja dalam satu bagian.
  • Many-to-Many ; Sebuah entitas pada A berhubungan dengan nol atau lebih entitas pada B dan sebuah entitas pada B dapat dihubungkan dengan nol atau lebih entitas pada A. Contoh: Aturan bisnis: Dalam universitas, seorang mahasiswa dapat mengambil banyak mata kuliah ; Satu mahasiswa mengambil banyak mata kuliah dan satu mata kuliah diambil banyak mahasiswa.
Pemetaan kardinalitas yang sesuai untuk himpunan relasi tertentu tergantung pada situasi dalam dunia nyata.

Sebagai gambaran, kita mengambil contoh himpunan relasi peminjaman. Jika pada suatu bank, pinjaman dapat dimiliki oleh hanya satu nasabah dan seorang nasabah dapat mempunyai beberapa pinjaman, maka himpunan relasi nasabah pinjaman adalah one-to-many. Jika sebuah pinjaman dapat dimiliki oleh beberapa nasabah, himpunan relasinya adalah many-to-many.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar