Minggu, 18 Maret 2012

4 Strategi Marketing Perusahaan

Strategi marketing ini digambarkan dengan empat model berdasarkan dua parameter yakni seberapa besar tekanan globalisasi yang dihadapi dan mudah tidaknya memindahkan aset perusahaan ke negara lain, yaitu:
  1. Model pertama adalah perusahaan yang memilih menjadi pemain bertahan atau sebagai defender. Perusahaan ini sangat fokus ke pasar lokal dan tidak sedikit yang mampu menguasai pasar. Contohnya : perusahaan rokok Sampoerna yang mampu menguasai pasar industri rokok di Indonesia, meskipun rokok dari Amerika seperti Marlboro, Pall Mall dan Lucky Strike sangat gencar melakukan promosi.
  2. Model kedua adalah perusahaan yang memilih menjadi dodger dengan melakukan aliansi strategik dengan perusahaan multinasional dan tetap fokus pada pasar lokal atau menjadi bagian dari value chain (supplier) kepada perusahaan multinasional. Contoh : Perusahaan AQUA.
  3. Model ketiga adalah perusahaan yang memilih menjadi extender dengan mencoba mengekspansi produk ke luar negeri, seperti yang dilakukan oleh Mustika Ratu dengan masuk ke pasar kosmetik di Malaysia.
  4. Model keempat adalah perusahaan yang memilih menjadi contender atau menjadi pemain global dan berhadapan langsung (head on) dengan perusahaan multinasional lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar