Sabtu, 17 Maret 2012

Hal-Hal Penting Dalam Bisnis Eceran

Dalam bisnis produk eceran (retail), terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan agar dapat diterima pasar, yaitu:
  1. Memperhatikan desain dan bentuk produk. Biasanya produsen akan membuat suatu produk dengan beragam jenis model ataupun rasanya. Misalnya produk sabun mandi, ada yang dirancang untuk kulit normal, kulit berminyak, orang aktif berolahraga, anak-anak dll. Selain sabun mandi dalam bentuk batangan ada juga yang dalam bentuk cairan. Sedangkan desain juga turut mempengaruhi niat pembeli, misalnya desain warna sampul  sabun. Memilih bentuk dan desain yang unik akan mempermudah penjualan produk selain sebagai faktor pembeda (differentiation) dengan produk lain yang sejenis.
  2. Faktor harga yang kompetitif. Selain dalam bentuk fisik (barang) dan desain, harga juga menentukan niat untuk membeli. Murah atau mahalnya harga suatu produk cenderung relatif, karena menyangkut bagaimana suatu produk dipersepsikan oleh pasar dan pada target pasar mana Anda bermain. Misalnya sabun mandi Lux yang dipersepsikan sebagai sabun kecantikan bintang internasional, tentu wajar harganya agak lebih mahal dibandingkan dengan sabun mandi biasa.
  3. Kemudahan sistem penggunaan produk. Sebagai contoh adalah kartu telepon prepaid, setelah konsumen melakukan pembelian maka selanjutnya bagaimana dengan cara menggunakannya. Hal ini juga penting karena jika dalam pemakaian produk ternyata mengalami banyak kesulitan atau sistem yang ada sering rusak maka akan semakin menjatuhkan citra produk tersebut.
  4. Kemudahan memperoleh produk. Ini berkaitan dengan bagaimana sistem distribusi produk yang digunakan. Sebagus dan semurah apapun produk Anda, namun jika ternyata konsumen mengalami banyak kesulitan dalam memperolehnya maka tentunya akan mempengaruhi jalannya (kontinuitas) produksi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar