Di dalam memberikan pelayanan jasa atau produk terdapat beberapa parameter dasar yang dapat mempengaruhi penjualan, yaitu:
- Memenuhi harapan
- Nilai terhadap uang
- Kredibilitas
- Tepat waktu dalam "delivery"
- Aman
- Konsistensi
- Memuaskan pelanggan
- Handal
Seorang konsumen biasanya mendefinisikan mutu sebagai:
- Sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan
- Sesuai dengan kegunaan
- Sesuatu yang benar, tepat waktu, harga yang tepat dan tempat yang cocok
Bagi penghasil produk atau jasa, mutu didefinisikan sebagai:
- Sesuai dengan kegunaan pelanggan
- Memenuhi spesifikasi produk
- Lebih baik dari pesaing-pesaing
Istilah-istilah yang berhubungan dengan mutu secara formal didefinisikan oleh ISO 8402 ; 1986, yaitu:
Mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang ditentukan atau yang tersirat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar