Senin, 05 Maret 2012

7 Layer OSI

Masing-masing layer mempunyai fungsi dan servis yang berbeda-beda. Setiap layer ditambah untuk meningkatkan kegunaan mesin, atau untuk tujuan modularitas (sekumpulan fungsi yang rumit dibagi kedalam beberapa layer). 

Mulai dari layer terendah sampai yang tertinggi:
  1. Layer 1 : Physical Control ; Mengatur sirkuit yang mempunyai karakteristik: fisik, elektris, fungsional, dan prosedural untuk membentuk, memelihara, dan memutuskan hubungan fisik. Jenis data : bit.
  2. Layer 2 : Link Control ; Mengatur pengiriman blok data melalui jalur fisik tersebut. Jenis data : frame. 
  3. Layer 3 : Network Control ; Sirkit virtual/logis. Jaringan transmisi yang mengatur perpindahan data dari satu mesin ke mesin lainnya, melalui node pertengahan seperti concentrator, packet switch, atau controller. Jenis data : packet.
  4. Layer 4 : Transport Control ; Transportasi blok bit dari satu pemakai ke pemakai lainnya, tanpa manipulasi bit, dan tidak tergantung dari jenis jaringan yang digunakan pemakai. Jenis data : session message.
  5. Layer 5 : Session Control ; Proses pembentukan dan penghentian suatu session transmisi data termasuk : checking dan recovery data.
  6. Layer 6 : Presentation Control ; Fungsi yang berhubungan dengan kumpulan karakter dan kode data yang digunakan dan cara data ditampilkan dilayar atau printer termasuk : enkripsi data untuk tujuan keamanan. Jenis data : user message.
  7. Layer 7 : Application Control ; Aktivitas aplikasi atau sistem, seperti untuk operator, penggunaan data jarak jauh, kontrol transmisis file, aktivitas basisdata terdistribusi, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar