Minggu, 09 Oktober 2011

Tujuh Macam Sikap Ilmiah

Penulis karya ilmiah sepatutnya memiliki sikap-sikap ilmiah agar karya tulisnya dapat dipertanggungjawabkan, baik kepada masyarakat maupun kepada diri sendiri. Ketujuh sikap ilmiah adalah sebagai berikut:
  1. Sikap ingin tahu; Sikap ingin tahu diwujudkan dengan selalu  bertanya-tanya tentang berbagai hal. Mengapa demikian? Apa saja unsur-unsurnya? Bagaimana kalau diganti dengan komponen yang lain?
  2. Sikap kritis; Sikap kritis direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan jalan bertanya kepada siapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah maupun dengan membaca sebelum menentukan pendapat untuk ditulis.
  3. Sikap terbuka; Sikap terbuka dinyatakan dengan selalu bersedia mendengarkan keterangan dan argumentasi orang lain.
  4. Sikap objektif; Sikap objektif diperlihatkan dengan cara menyatakan apa adanya, tanpa dibarengi oleh perasaan pribadi.
  5. Sikap rela menghargai karya orang lain; Sikap rela menghargai karya orang lain diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain, dan menganggapnya sebagai karya orisinal milik pengarang aslinya.
  6. Sikap berani mempertahankan kebenaran; Sikap berani mempertahankan kebenaran diwujudkan dengan membela fakta atas hasil penelitiannya.
  7. Sikap menjangkau ke depan; Sikap menjangkau ke depan dibuktikan dengan sikap "futuristik", yaitu berpandangan jauh, mampu membuat hipotesis dan membuktikannya, bahkan mampu menyusun suatu teori baru.

1 komentar:

  1. ada bukunya tidak? kalau ada judulnya apa dan karangan'nya siapa???

    BalasHapus