Selasa, 28 Januari 2014

Struktur Data Stack

// Program tumpukan untuk tugas 
// struktur data Teknik Informatika
// Universitas Musamus Merauke
// 23 Januari 2014

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <conio.h>
#define maksimal 5

int puncak, status;

// Fungsi Dorong
void dorong (int tumpukan[], int elemen_tumpukan) { 
if (puncak == (maksimal-1))
status = 0;
else {
status = 1;
++puncak;
tumpukan[puncak] = elemen_tumpukan;
}
}

// Fungsi Tarik
int tarik (int tumpukan[]) {
int ret;
if (puncak == -1) {
ret = 0;
status = 0;

else {
status = 1;
ret = tumpukan[puncak];
--puncak;
}
return ret;
}

// Fungsi untuk menampilkan tumpukan
void tampilkan (int tumpukan[]) {
int i;
printf ("Hasil tumpukan\n ");
if (puncak == -1)
printf ("\nKosong");
else {
for (i = puncak; i >= 0; --i)
printf ("\n=======\n|%3d  |\n=======", tumpukan[i]);
}
printf("\n");
}

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

int main(int argc, char *argv[]) {

int tumpukan [maksimal], elemen_tumpukan, pilihan;

puncak = -1;

do {
do {
printf ("\n<<<< Menu Utama >>>>\n");
printf ("\n1. Dorong kedalam tumpukan");
printf ("\n2. Tarik dari tumpukan");
printf ("\n3. Selesai\n");
printf ("\nMasukkan pilihan Anda: ");
scanf ("%d",&pilihan);
if (pilihan < 1 || pilihan > 3 )
printf ("\nPilihan yang tersedia adalah 1, 2, 3 ; Silahkan ulangi lagi");
}
while (pilihan < 1 || pilihan > 3);
switch (pilihan) {
case 1 :
printf ("\nMasukkan elemen yang akan didorong: ");
scanf("%d",&elemen_tumpukan);
printf("\n%4d\n", elemen_tumpukan);
dorong (tumpukan, elemen_tumpukan);
if (status) {
printf ("\nSetelah didorong ");
tampilkan (tumpukan);
if (puncak == (maksimal-1))
printf ("\nTumpukan sudah penuh\n");

} else 
printf ("\nTumpukan sudah mencapai batas maksimal\n");

break;

case 2 :
elemen_tumpukan = tarik (tumpukan);
if (status) {
printf ("\nElemen tumpukan yang akan ditarik adalah %d. Setelah ditarik ");
tampilkan (tumpukan);
} else
printf ("\nTumpukan sudah mencapai batas minimal\n");

break;

default: 
printf ("\nAkhir proses");
}
} while (pilihan != 3);
getch();
return 0;
}

Kamis, 23 Januari 2014

Karakteristik Informasi

Karakteristik informasi dapat dikategorikan kedalam operasional dan strategis sebagai berikut:

Karakteristik                                Operasional

* Accuracy                                   * High
* Level of detail                           * Detailed
* Time horizon                             * Present
* Use                                         * Frequent
* Source                                     * Internal
* Scope                                      * Narrow
* Nature                                     * Quantitive
* Age                                         * Current

Karakteristik                                Strategic

* Accuracy                                   * Low
* Level of detail                           * Aggregate
* Time horizan                             * Future
* Use                                          * In frequent
* Source                                      * External
* Scope                                       * Wide
* Nature                                      * Quantitive
* Age                                          * Current / Old

Selasa, 21 Januari 2014

Karakteristik Berpikir Otak Kanan Dan Otak Kiri


* Karakteristik cara berpikir otak kanan:
  • Mengikuti intuisi / firasat
  • Membuat pola, tanpa mengikuti tahapan proses
  • Subjektif
  • Memandang sesuatu secara keseluruhan
  • Memandang sesuatu tidak rinci
  • Berpikir positif, tidak terbatas pada praduga, ide atau gagasan sebelumnya
  • Selalu bertanya mengapa dan membuat terobosan
* Karakteristik cara berpikit otak kiri:
  • Menggunakan pola logis
  • Objektif
  • Memandang sesuatu secara berurutan
  • Melihat sesuatu secara benar atau salah / hitam atau putih
  • Detail / rinci
  • Menyimpan dalam jangka waktu pendek
  • Berpikir kritis, kadang-kadang negatif selalu bertanya dengan kata mengapa
  

Minggu, 19 Januari 2014

Laporan Rugi Laba Perusahaan


  • Penjualan dikurangi Harga pokok barang yang dijual (HPP)
  • Laba kotor dikurangi Biaya-biaya operasi
  • Laba operasi dikurangi beban tenaga
  • Laba bersih sebelum pajak dikurangi Pajak
  • Laba bersih sesudah pajak dikurangi Deviden saham preferen
  • Laba yang tersedia bagi para pemegang saham biasa dikurangi Deviden saham biasa
  • Laba yang ditahan

Sabtu, 11 Januari 2014

Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Assets)

Aktiva tidak berwujud dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Patent
  2. Trademark
  3. Copyright
  4. Franchise
  5. Customer list
  6. Goodwill