Senin, 30 Mei 2011

Marketing Research

Kemampuan menggali informasi perihal kondisi dan kebutuhan pasar terhadap produk/jasa organisasi saat ini maupun yang akan datang.
  1. Memahami dasar-dasar marketing research dan peran marketing research di dalam organisasi
  2. Mampu menjelaskan metode dan sasaran marketing research secara komprehensif
  3. Mampu memilih dan mengimplementasikan metode yang paling tepat untuk suatu program marketing research
  4. Mampu menganalisa hasil market research dan menjelaskan manfaatnya bagi organisasi dan mengetahui kelemahan dan kelebihan sistem yang ada
  5. Mampu menyempurnakan metode research existing serta merencanakan dan merekomendasikan sistem yang baru
  6. Mampu merancang dan mengembangkan metode research secara terintegrasi dan menjamin alignment dengan research objective yang lebih strategis

Minggu, 29 Mei 2011

Selling

Kemampuan untuk meyakinkan calon pembeli tentang manfaat produk yang ditawarkan.
  1. Mampu menjelaskan produk kepada pelanggan/calon pelanggan, memahami konsep dasar salesmanship serta mampu berkomunikasi efektif
  2. Mampu menawarkan produk dan harga yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan/calon pelanggan
  3. Mampu memanfaatkan jalur distribusi secara maksimal, membuat kontrak/menjalin hubungan dengan calon pelanggan, baik secara massal maupun individual, menciptakan kemudahan kontak pelanggan serta memanfaatkan secara kreatif koridor discount yang ditetapkan
  4. Mampu mengidentifikasi dan menjalin hubungan baik dengan lingkar pengambil keputusan organisasi klien/pelanggan
  5. Mampu membangun kepercayaan/meyakinkan pelanggan. Mampu mengidentifikasi peluang dan hambatan/persaingan dalam penjualan (dalam suatu tender)
  6. Mampu menjadi nara sumber dari pelanggan dalam pengambilan keputusan bisnis yang berkaitan dengan produk organisasi

Sabtu, 28 Mei 2011

Marketing Audit

Kemampuan melakukan audit pemasaran dan menginterprestasikan hasil audit serta memberikan rekomendasi terhadap organisasi.
  1. Memahami dasar-dasar audit pemasaran dan proses audit
  2. Memahami dan menjelaskan secara komprehensif beberapa pendekatan/metode dalam melakukan audit pemasaran serta mampu mengidentifikasi dan menentukan parameter dalam audit pemasaran
  3. Mampu melakukan Data Preparation dan mampu melakukan analisis dan menentukan Competitive Setting Index (CSI) dan Company Alignment Index (CAI) serta mampu menguji validitas competitive setting index dan company alignment index
  4. Mampu menganalisa proses audit dan menginterprestasikan competitive setting berdasarkan CSS dan Strategi, Tactic, dan Value organisasi berdasarkan CSI serta membandingkan CAI dan CSI
  5. Mampu mengevaluasi proses dan hasil audit pemasaran serta memberikan rekomendasi untuk strategy marketing program effectiveness dan pengambilan keputusan marketing
  6. Mampu merancang pendekatan/metode baru atau melakukan pengembangan pendekatan/metode pelaksanaan audit pemasaran serta terintegrasi dan efektif

Rabu, 25 Mei 2011

Bidding And Negotiation

Kemampuan menyusun dan atau mengikuti tender untuk memperoleh kontrak dan atau kesepakatan antara customer dengan organisasi.
  1. Memahami teknik dasar negoisasi, menggali kebutuhan/persyaratan dan perspektif pihak lain untuk melakukan bidding. Mampu menyampaikan kepentingan organisasi kepada pihak lain
  2. Mampu memberikan penawaran yang kompetitif yang dapat diterima dan disetujui oleh pihak lain (win win solution)
  3. Mampu mendapatkan dukungan pihak terkait dalam memenangkan negoisasi/bidding
  4. Mampu mengidentifikasi situasi yang membutuhkan negoisasi secara efektif. Memelihara hubungan yang positif dengan pihak lain dalam menyelesaikan permasalahan
  5. Menciptakan kemungkinan-kemungkinan yang memberikan kontribusi terhadap penyelesaian yang disepakati, Mampu menilai kekuatan dan kelemahan pihak-pihak yang terlibat dalam negoisasi/bidding
  6. Mampu menunjukkan flexibilitas dalam menyelesaikan masalah. Mampu memimpin kelompok untuk mencapai konsensus. Mampu melakukan negoisasi untuk situasi yang sulit dan sensitif secara diplomatis. Mampu memimpin dalam negoisasi yang memberikan solusi strategi

Senin, 23 Mei 2011

Marketing Strategies

Kemampuan untuk memahami, menganalisis, menyusun dan mengelola strategi pemasaran dengan memperhatikan seluruh aspek terkait baik internal maupun eksternal.
  1. Memahami konsep dasar strategi pemasaran produk
  2. Mampu menjelaskan tahapan dan sasaran strategi pemasaran secara komprehensif
  3. Mampu memilih strategi pemasaran yang tepat serta melaksanakan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan
  4. Mampu menganalisa strategi pemasaran eksisting dihubungkan dengan sasaran organisasi secara keseluruhan
  5. Mampu mengidentifikasi kelemahan-kelemahan strategi pemasaran eksisting dan merekomendasikan perbaikan strategi pemasaran yang baru
  6. Mampu menciptakan strategi pemasaran baru dikaitkan dengan perubahan pasar, lingkungan dan teknologi yang baru

Minggu, 22 Mei 2011

Competitive Intelligence

Mampu menerapkan strategi untuk menggali informasi (formal dan informal) menganalisis kekuatan, kelemahan pesaing dan merekomendasikan strategi berikutnya berkaitan dengan strategi, kekuatan dan kelemahan pesaing dalam rangka memperkuat posisi produk organisasi.
  1. Memahami konsep dasar dan berbagai metode marketing intelligence
  2. Mampu menggali data dari sumber-sumber formal dan informal untuk menjelaskan secara komprehensif issue dan trend produk dari layanan infocom yang berkembang saat ini
  3. Mampu mengimplementasikan konsep marketing intelligence sehingga mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing
  4. Mampu menganalisa dan merekomendasikan strategi berkompetisi melalui peluang bisnis baru berupa teknologi, produk dan layanan sesuai dengan trend dalam persaingan industri
  5. Mampu menemukenali kelemahan-kelemahan dan menyempurnakan marketing intelligence existing
  6. Mampu mengembangkan model-model marketing intelligence

Marketing Management

Kemampuan yang dibutuhkan untuk merencanakan, mengorganisasikan dan mengimplementasikan strategi serta mengevaluasi untuk memanfaatkan peluang pasar dalam meningkatkan pangsa pasar (value organisasi).
  1. Memahami konsep dasar karakteristik produk, posisi, target dan segmentasi pasar
  2. Mampu menjelaskan secara komprehensif kebutuhan pasar dan perlakuan yang tepat (harga, promosi, tempat dan waktu) sesuai dengan ketersediaan produk, target dan segmentasi pasar
  3. Mampu mengembangkan segmentasi pasar, positioning dan diferensiasi produk, serta memproyeksikan target pemasaran jangka panjang (Marketing Mix)
  4. Memahami statistik, pricing, teori dan prosedur survey demand. Mampu menganalisa perilaku dan kebutuhan pasar dalam lingkungan yang kompetitif, kapasitas alat produksi, menetapkan price dan menetapkan strategi bauran pasar (Marketing Mix)
  5. Mampu mengevaluasi dan mengembangkan product bundling dan brand yang tepat, mengidentifikasi lingkungan kompetisi (Marketing Intelligent) dan mengantisipasinya serta memproyeksikan target pemasaran jangka panjang
  6. Mampu memprediksi trend persaingan dan peluang pasar kedepan dan mengembangkan strategi pemasaran terpadu yang memungkinkan terjadinya sinergi dari seluruh elemen marketing untuk memenangkan persaingan dalam melakukan retensi dan akuisisi pelanggan

Broadband Service

Keahlian yang dimiliki untuk mengkaji, merencanakan, mendisain dan mengembangkan jenis layanan broadband termasuk mengelola perangkatnya.
  1. Memahami metoda dan prosedur yang mendukung proses perencanaan dan desain dari layanan broadband serta mampu mengoperasikan perangkat broadband sesuai dengan SOP
  2. Mampu melakukan perencanaan sub sistem dan menghitung rincian kebutuhan layanan broadband dari suatu konfigurasi yang telah ditetapkan
  3. Mampu merencanakan suatu sistem layanan broadband dengan beberapa alternatif layanan, lengkap dengan rincian kebutuhannya
  4. Mampu menterjemahkan suatu kebutuhan layanan atau peluang kedalam solusi sistem, lengkap dengan alternatif konfigurasi, rincian kebutuhan, dan analisa keuntungan/risikonya serta mampu mengatasi gangguan massal dan melakukan pekerjaan-pekerjaan instalasi
  5. Mampu melakukan analisa kebutuhan layanan baru, mulai dari penyajian alternatif sampai penetapan suatu solusi layanan serta mampu memimpin dan mengawasi operasi dan pemeliharaan rutin, pekerjaan instalasi dan penanganan gangguan perangkat broadband
  6. Mampu melakukan dan memimpin perencanaan strategis layanan broadband berskala luas, tinjauan jaminan mutu layanan, serta mampu melakukan perencanaan strategis berskala luas, dan membuat/menetapkan standar prosedur operasi dan pemeliharaan

Sabtu, 21 Mei 2011

Product Management

Kemampuan melakukan proses pengembangan produk yang unggul dengan prinsip kelayakan bisnis dan mengelola produk menguasai produk pesaing, siklus hidup produk serta porto folio.
  1. Memahami konsep dasar produk manajemen meliputi : Product Development Criteria serta Product Development Objective
  2. Mampu menjelaskan tahapan dan sasaran pengembangan serta pengelolaan produk
  3. Mampu memilih dan melaksanakan metoda pengelolaan dan pengembangan produk sesuai kondisi pasar
  4. Mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan produk dengan memperhatikan produk pesaing serta kebutuhan pasar
  5. Mampu merekomendasikan metoda pengembangan dan pengelolaan produk (produk baru maupun bundeling) berdasarkan kebutuhan pelanggan sesuai analisa kelayakan bisnis
  6. Mampu menetapkan metoda pengembangan dan pengelolaan produk yang unggul (produk baru maupun bundeling) berdasarkan porto folio bisnis, menjamin dapat diimplementasikan dan mengevaluasi efektifitas untuk mencapai sasaran bisnis

Channel Management

Mampu mengelola dan mengembangkan channel distribusi yang efektif dan efisien untuk mendekatkan produk organisasi ke pelanggan dan dari pelanggan ke organisasi.
  1. Memahami konsep dasar channel management dan mengetahui berbagai alternatif channel yang ada
  2. Memahami karakteristik setiap channel yang dapat diterapkan organisasi yang terkait dengan karakteristik produk, preferensi pelanggan, kondisi persaingan dan aspek-aspek lain yang relevan
  3. Mampu melakukan evaluasi preferensi channel dari pelanggan dan melakukan penyusunan channel mix (channel plan) secara efektif dan efisien memenuhi preferensi pelanggan dan memenangkan persaingan
  4. Mampu mengembangkan channel mix secara komprehensif sesuai tuntutan pasar dan kebijakan organisasi melalui tahapan-tahapan analitik yang melibatkan seluruh aspek yang relevan dengan pengembangan channel mix (seperti channel objectives, controlling, benefit)
  5. Mampu melakukan pengembangan channel secara strategic dan terintegrasi dengan komponen marketing mix yang lain sehingga terbentuk keunggulan bersaing orgnisasi dalam memenangkan persaingan melalui layanan tuntas di dalam setiap channel (contact point)
  6. Mampu menetapkan kebijakan dan strategi pengembangan channel management dengan mempertimbangkan perubahan pasar termasuk adanya konvergensi channel dan media komunikasi untuk menciptakan keunggulan bersaing organisasi dalam memenangkan kompetisi

Joint Marketing Management

Kemampuan mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengelola, merencanakan dan melaksanakan joint marketing management.
  1. Memahami tahapan membangun kemitraan bisnis dan lingkup aspek legalnya
  2. Mampu mengidentifikasi kebutuhan joint marketing dalam memperkokoh implementasi bisnis dan layanan
  3. Mampu mengkaji solusi bentuk joint marketing terbaik dalam meningkatkan kinerja bisnis dan layanan
  4. Mampu mengelola aliansi dan isu-isu kritikal dalam menerapkan joint marketing secara efektif
  5. Mampu mengevaluasi efektifitas aliansi dan kemitraan bisnis serta merekomendasikan strategi peningkatan kinerja joint marketing sesuai dengan sasaran organisasi
  6. Mampu menyusun kebijakan dan strategi joint marketing yang dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kapabilitas implementasi layanan dan bisnis organisasi

Jumat, 20 Mei 2011

Alliance Management

Kemampuan mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi dan mengelola, merencanakan strategi aliansi dan kemitraan bisnis dalam rangka meningkatkan kapabilitas implementasi bisnis organisasi.
  1. Memahami tahapan membangun kemitraan bisnis dan lingkup aspek legalnya
  2. Mampu mengidentifikasi kebutuhan aliansi dalam memperkokoh implementasi bisnis dan layanan
  3. Mampu mengkaji solusi terbaik dalam meningkatkan kinerja bisnis dan layanan
  4. Mampu mengelola aliansi dan isu-isu kritikal dalam menerapkan aliansi bisnis secara efektif
  5. Mampu mengevaluasi efektifitas aliansi dan kemitraan bisnis serta merekomendasikan strategi peningkatan kinerja aliansi sesuai dengan sasaran organisasi
  6. Mampu menyusun kebijakan dan strategi aliansi bisnis yang dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kapabilitas implementasi layanan dan bisnis organisasi

Kamis, 19 Mei 2011

Business Law

Kemampuan menganalisa dan memberikan advice kepada management yang berkaitan dengan hukum bisnis (hukum organisasi, hukum perjanjian, perlindungan konsumen, anti monopoli, pasar modal, tindak lanjut RUPS) sebagai bahan antisipasi tuntutan perkembangan organisasi.
  1. Mengetahui dasar-dasar pengetahuan hukum bisnis
  2. Mampu mengidentifikasi permasalahan hukum bisnis sesuai dengan kondisi organisasi
  3. Mampu melakukan legal research, mengkomunikasikan dan mengimplementasikan aspek hukum bisnis sesuai dengan kondisi organisasi
  4. Mampu melakukan analisa hukum bisnis yang berlaku dengan kondisi bisnis organisasi yang dihadapi
  5. Mampu memberikan rekomendasi kepada manajemen mengenai trend hukum bisnis untuk antisipasi kedepan
  6. Mampu memberikan solusi/masukan tentang permasalahan hukum bisnis kepada regulator

Public Law

Kemampuan menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum yang berkaitan dengan kewajiban organisasi (perizinan, ketenagakerjaan, perpajakan, pertanahan, dan otonomi daerah).
  1. Mengetahui dasar-dasar pengetahuan hukum publik yang berkaitan dengan kewajiban organisasi
  2. Mampu mengidentifikasi issue-issue hukum public yang dihadapi organisasi
  3. Mampu melihat keterkaitan pengetahuan hukum publik dengan kondisi organisasi yang dihadapi
  4. Mampu melakukan analisa hukum public secara komprehensif yang dibutuhkan organisasi
  5. Mampu memberikan rekomendasi kepada manajemen mengenai trend hukum publik untuk antisipasi kedepan
  6. Mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan kewajiban organisasi yang baik dan cepat, serta membangun hubungan kemitraan dengan instansi terkait

Litigation

Kemampuan mewakili organisasi dalam menyelesaikan sengketa hukum khususnya diforum peradilan/arbitrase.
  1. Mengetahui dasar pengetahuan hukum acara dan materiil
  2. Mampu mengidentifikasi issue persengketaan
  3. Mampu melakukan legal research untuk menunjang argumen melalui metode yang tepat
  4. Mampu menganalisa dan memahami setiap elemen yang terkait dengan inti persoalan dengan ketentuan hukum yang ada
  5. Mampu menyusun legal argumen secara tertulis
  6. Mampu mewakili organisasi dalam kapasitas excellent, memberikan argumen-argumen yang meyakinkan dalam beracara dan membangun networking

Telematic Law

Kemampuan memahami dan menganalisa isssue-issue regulasi dibidang telematika, untuk kelancaran operasional dan sebagai bahan antisipasi perkembangan organisasi.
  1. Mengetahui pengetahuan dasar hukum telematika
  2. Mampu mengidentifikasi issue hukum telematika dalam kaitan dengan bisnis telekomunikasi
  3. Mampu melakukan legal research hukum telematika
  4. Mampu menganalisa aspek hukum telematika sesuai trend bisnis
  5. Mampu memberikan solusi/masukan terhadap permasalahan hukum telematika
  6. Mampu memberikan solusi/masukan tentang permasalahan hukum telematika kepada regulator

Selasa, 17 Mei 2011

Customer Handling

Kemampuan menyelesaikan berbagai macam masalah dan menangani kebutuhan yang diinginkan pelanggan secara komprehensif.
  1. Mampu memahami karakter pelanggan dan mengetahui produk, layanan dan prosedur dalam organisasi
  2. Mampu mengidentifikasi dan melayani kebutuhan pelanggan, menangani permasalahan pelanggan, menyampaikan informasi kebutuhan dan permasalahan pelanggan sesuai dengan prosedur pelayanan
  3. Mampu mengkoordinasikan fungsi customer handling serta mengelola sumber daya yang diperlukan dalam customer handling
  4. Mampu menganalisa data historis customer handling dan menetapkan prosedur pemecahannya dan mampu menyusun sistem dan prosedur customer handling dan implementasi strategis program customer handling
  5. Mampu mengevaluasi, mengukur, memodifikasi prosedur/sistem customer handling untuk tercapainya efektifitas customer handling untuk tiap segmen pelanggan
  6. Mampu menyusun strategi dan kebijakan customer handling dan menetapkan kiat-kiat dalam mempertahankan loyalitas pelanggan serta menjadi narasumber baik internal dan eksternal

Business Development

Kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan peluang bisnis berdasarkan analisa kelayakan bisnis dan strategi implementasinya.
  1. Memahami konsep dasar pengembangan bisnis yang meliputi pengumpulan dan pengolahan informasi untuk pembuatan bisnis plan
  2. Memahami proses bisnis organisasi yang mencakup rantai nilai (value chain) bisnis yang dikelola organisasi dan mengidentifikasi lingkup bisnis beserta posisinya dalam skala industri yang lebih luas
  3. Mampu mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang diperlukan dalam perencanaan strategis, mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis dan analisa SWOT
  4. Mampu menyusun rencana bisnis, merekomendasikan arah pengembangan bisnis dengan memperhatikan semua kapabilitas internal dan eksternal
  5. Mampu menerapkan strategi pengembangan bisnis dan implementasinya secara efektif
  6. Mampu melakukan pengendalian dan pengawasan implementasi pengembangan bisnis dan mengevaluasi untuk penyempurnaan strategi pengembangan bisnis sejalan dengan peluang dan tantangan baru serta selaras dengan bisnis organisasi

Senin, 16 Mei 2011

Drafting

Kemampuan menuangkan kesepakatan-kesepakatan, pendapat-pendapat hukum, peraturan-peraturan dalam format legal dokumen (produk hukum).
  1. Mengetahui dasar-dasar legal drafting
  2. Mampu menyusun produk hukum sederhana sesuai teknik-teknik legal drafting
  3. Mampu menyusun produk hukum sesuai teknik-teknik legal drafting
  4. Mampu menganalisa dan menuangkan setiap elemen yang terkait dengan pengetahuan hukum dan issue yang dihadapi kedalam format produk hukum
  5. Mampu menuangkan deal bisnis yang kompleks dan jelas esensi regulasinya kedalam format produk hukum
  6. Mampu mengevaluasi dan mengembangkan deal bisnis yang kompleks dan jelas esensi regulasinya secara terintegrasi kedalam format produk hukum

Minggu, 15 Mei 2011

Project Management

Kemampuan merencanakan proyek dan mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
  1. Memahami konsepsi dan metodologi project management
  2. Mampu memanfaatkan project management tools
  3. Mampu merencanakan sasaran dan ruang lingkup proyek serta merinci aktivitas proyek dan penjadwalannya. Mampu melakukan monitoring dan reporting pelaksanaan proyek
  4. Mampu mengalokasikan sumber daya dan memprediksi utilitas masing-masing sumber daya untuk mencapai sasaran secara optimal. Mampu memprediksi anggaran proyek
  5. Mampu mengendalikan hasil dari tiap kegiatan proyek dan realisasi anggaran. Mampu melakukan koordinasi dengan unit yang terkait dengan aktivitas proyek secara horizontal dan vertikal baik eksternal maupun internal. Mampu mengantisipasi hambatan yang mengakibatkan tergangunya pelaksanaan aktivitas proyek terutama yang termasuk dalam Critical path
  6. Mampu merencanakan dan memutuskan pemberlakuan contigency plan. Mampu melakukan terobosan untuk percepatan penyelesaian proyek tanpa mengurangi mutu dengan risiko yang terukur

Quality Management

Kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengelola proses, mutu produk dan perbaikan berkesinambungan untuk memenuhi keinginan pelanggan baik internal maupun eksternal.
  1. Memahami konsep-konsep dasar dan metodologi quality management
  2. Memahami standar-standar mutu internasional dan mampu mengidentifikasi proses-proses bisnis yang terkait dengan mutu pelayanan
  3. Mampu melaksanakan prosedur standar mutu dan pemeriksaan mutu produk/layanan berdasarkan prosedur standar yang telah ditetapkan
  4. Mampu merencanakan sistem mutu dalam proses bisnis organisasi dan mengidentifikasi upaya peningkatan mutu serta mengembangkan alat-alat pengendali proses manajemen mutu
  5. Mampu mengidentifikasi kesenjangan antara mutu produk dan keinginan pelanggan, mempersiapkan tahapan perubahan proses kearah peningkatan mutu termasuk menetapkan sistem dan mekanisme yang memungkinkan terjaganya komitmen mutu dengan strategi bisnis
  6. Mampu menetapkan kebijakan dan strategi pengelolaan mutu, mengantisipasi keinginan pelanggan dengan mempertimbangkan perubahan bisnis sistem dan organisasi. Mampu menjadi motivator dalam melaksanakan perubahan menuju perubahan mutu yang lebih baik

Sabtu, 07 Mei 2011

Batch File SpeedyAlert

REM Nama File : SpeedyAlert.bat
MKDIR C:\SpeedyAlert
XCOPY D:\SpeedyAlert\Support C:\SpeedyAlert\ /s /e
WSCRIPT SpeedyAlert.vbs

Visual Basic Script

REM Nama File : SpeedyAlert.vbs
CreateObject("WScript.Shell").Regwrite "HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\Speedy Alert","C:\SpeedyAlert\SpeedyAlert.win-3.0-exe.jar","REG_SZ"